Habis UN Terbitlah SBM

April 14, 2017
                Kemarin, adalah hari terakhir Ujian Nasional SMA dengan mata pelajaran pilihan. Sorenya, Line, Facebook, Blogger, Twitter dibanjiri dengan keluhan sejenis “Soalnya susah”, “Ini efek pelajaran dikurangi jadi empat kali ya”, “Ujian Nasional rasa SBM” (<-oke ini lebay), dan lainnya. Gua juga termasuk yang menganggap “soalnya susah” relative terhadap UN 2016. Persiapan gue buat bener-bener belajar fisika gitu-gitu aja karena ngeliat soal-soal tahun sebelumnya yang ya…hampir ga pernah berubah lah tipenya. Agak blunder ini! Semoga, seenggaknya pada tanggal 2 Mei nanti(pengumuman UN) gak seburuk yang gua pikirkan. Gua masih ada planning buat gunain nilai tersebut buat daftar beberapa univ. tertentu.

***

                Sudah melakukan pendaftaran SBMPTN sejak hari pertama pendaftarannya dibuka,gua belum melanjutkan proses pendaftaran karena suatu masalah : “Gua bingung pilihan ke-3 nya mau diisi apan?”. Sebuah masalah yang unexpected . Gua kirain menentukan jurusannya pas sesaat sebelum SBMPTN, eh..ternyata pas daftar ini menentukannya. Terus, ada limit waktu bayar/transfernya lagi, yaitu jam 11.00 Hari Jumat, 14 April 2017.

                Q : Kenapa perlu pilihan 3?
                    A : 1) Sadar, ini SBM. Gua harus sedikit opurtunis :\  2) TO terakhir                                 gua masih 10% lebih dibawah target

                Masalah ini gak harus terjadi kalo gua dah selesaiin dari awal. Dari kelas 11, pilihan kuliah gua udah fix banget 1 & 2 nya. Tinggal 3 nya, waktu itu gua mikirnya Teknik Informatika – ITS vs Ilmu Komputer – IPB. Tapi, ini selalu gua ambangin tanpa browsing lebih lanjut masing-masing kelebihan dan kekurangannya.

                Hal ini sedikit banyak berefek pada persiapan UNBK , yaitu  pada hari kedua, bukannya belajar Bahasa Inggris atau Fisika, tapi malah sibuk semadi mikirin pilihan tiga ini. Empat jam lebih dari jam 12 ampe sore, habis buat browsing keduanya. Eh…bukannya mengerucut, malah nambah satu, yaitu Ilmu Komputer – UGM. So, saat ngebandingiin tiga ini :  
1. Teknik Informatika – ITS
(+)Mahasiswanya paling sering (gua tau) ikut kompetisi CP(competitive programming) daripada dua lainnya
+Biaya hidup murah
(+/-)Informatika termasuk yang paling tinggi PG(passing grade)-nya di ITS bersama elektro(*Gua bingung masukin ini ke ‘+’ atau ‘-‘) (**poin ini ‘agak’ biased karena PG itu kadang beda sumber, beda cerita)
(-)Surabaya=panas

2. Ilmu Komputer – IPB
(+)Gua liat di daftar prestasi di websitenya, IPB merupakan lembaga yang banyak menghasilkan inovasi baru
(+)Semasa SMA gua pernah ikut beberapa kompetisi dimana IPB jadi hostnya: PSN, Agricode, Searching,dll
(+)Bogor=dingin, lingkungan dingin bikin pinter mueheheh
(+)Kalo mau pulang tiap minggu ke rumah, tinggal naik KRL
(-)Gua udah hapal setengah Kota Bogor, kurang ada petualangan
(-)Ada satu alasan konyol yang mau gua simpen sendiri, lumayan jelek         becandanya awkawk  

3. Ilmu Komputer – UGM
(+)Secara overall, UGM merupakan salah satu univ yang peringkatnya tinggi di rank Asia
(+)Menimbang nama, membantu sekali kalau setelah lulus mau langsung lanjut S2
(+)Termasuk kompetitif pas di Gemastik UI kemarin (dapet 3 medali, sumber : websitenya)
(-)Jogja=panas
(-)Gua kurang kenal/masih baru banget tau Ilmu Komputer UGM

                Ditambah diskusi dengan orang tua, akhirnya pagi-pagi hari Jumat gua mutusin buat milih IPB. Ye..! Huufft… proses pendaftaran di sbmptn.ac.id berlanjut. Daan Seppp…jadi! Detail proses pendaftaran bisa dibaca sendiri di websitenya ya…Udah jelas kok disana.

                Karena gua pilih Panlok Jakarta dan daftarnya termasuk pada gelombang awal pendaftar, “mungkin” karena itu dapat tempat tesnya di Jakarta Pusat, tepatnya di SMKN 19 Jakarta, Bendungan Hilir. Jalan besarnya itu Jl.Gatot Subroto, sekitar 6 KM dari Senayan.
Komentar tentang tempat tes :
(+) Opsi jalan kesana banyak :
1. Naik KRL, turun di St.Karet, jalan kaki 1,2 km
2. Naik Busway, turun di JCC-Senayan, jalan kaki 750 m
3. Ada saudara di daerah Benhil, bisa numpang tidur disitu. Tapi (-)nya, agak rame sampai jam 12 malam.  Tempat sodara gua itu tempat Mie Aceh yang lumayan terkenal di daerah situ. Info : Haruka JKT48 pernah makan disini xD, sumber : https://www.youtube.com/watch?v=OKLR_x3_Wjk
4. Ada hotel bintang dua yang murah, 200k semalam
(-) Gua sempat expect tempat tesnya tuh bisa milih, dan gua mau milih di UI aja…eee diacak, yaudah.
 
Kartu peserta ku
                Saat ini, gua masih diskusiin ama ortu, tapi kayaknya agak condong ke opsi 3 & 4. Udah segitu aja dulu kali, bingung nulis apalagi, kapan2 dilanjut lagi(diedit)…Saatnya lanjut belajar!
               

                

No comments: