Cerita dari dunia PerOlimpiadean 2016 Bagian 2

March 24, 2016
                Melanjutkan tulisan sebelumnya, disini akan membicarakan OSP.
                OSP
                Selesai OSK, saatnya menghadapi OSP. Persiapan saya agak terganggu oleh keberadaan UTS(ulangan tengah semester) selama seminggu. Sebenarnya saya tidak terlalu menganggap penting uts, karena saya tidak mengincar jalur undangan. Saya hanya belajar Fisika dan Kimia, karena selain MTK Cuma itu yg saya demen(walaupun nilainya jelek” juga). Akhirnya UTS selesai, saya langsung mengebut belajar Classical DP(Dynamic Programming)  seperti Knapsack/Subset Sum, Max Submatrix, Coin Change dll. Saya ingat salah satu kalimat di buku Competitive Programming 3. Dulu, orang yang jago DP kemungkinan juaranya bakalan tinggi banget, kalo sekarang DP mah kemampuan wajib yang harus dikuasain. Dengan the power of kepepet akhirnya saya bisa mengerjakan beberapa soal di UVa yang satu bulan sebelumnya gak ngerti sama sekali mau diapain. Di 1 minggu terakhir sebelum OSP, saya menyempatkan belajar beberapa trick bit manipulation dan algo” graf.
                OSP Jawa Barat tahun ini diadakan tanggal 22-24 Maret 2016 di Bandung, tepatnya di daerah Lembang .  Pelaksanaannya dibagi menjadi 3 hari. Komputer/Informatika kebagian jatah di hari kedua bersamaan dengan Astronomi dan Biologi. Kami(bidang Kompi,Astro,Bio) berangkat tanggal 22 Maret dari Depok. Skip………..Setelah 4 jam perjalanan, akhirnya kami sampai di Hotel Bumi Raya Indah yang menjadi tempat penginapan sekaligus tempat lombanya. Kami langsung bergegas ke kamar, saya kebagaian kamar bersama anak  smansa, Randy sama Jala dan Rafly(dia biologi) dari smanti(SMAN 3) Depok. Inilah suasana kamarnya…(pic). Review tentang kamar ini, lebih bagus (jauh) dari tahun lalu waktu OSP 2015 di Purwakarta. (<-ini kritikan biar daerahnya bisa segera berbenah)


                Keesokan pagi, hari yang besar itupun tiba. Hari terbesar dalam hidup saya(sampai tulisan ini dibuat). Setelah sarapan pagi dan mandi, sayapun langsung bergegas ke lokasi lomba. Saya pun berharap dejavu tentang kursi kuliah yang telah menggagalkan waktu jaman OSN SD dan OSP tahun lalu tidak terulang lagi. Di ruangan tempat OSP, saya langsung mencari tempat duduk sesuai nomor urut peserta. Di ruangan itupun saya melihat orang-orang yang sebelumnya hanya bisa dilihat dari Grup Olimp. Informatika di Facebook. Di sebelah saya, ada Glenda(SMA Santa Maria Cirebon), di depan Douglas (SMAN 1 Bogor). Ada juga Irfan Sofyana(SMA Pribadi Bandung), Muh. Rio Ananda(SMA Pribadi Bandung), Ezra(SMAK Penabur Bandung) dan masih banyak lainnya. Beberapa diantara mereka sudah merasakan OSN sejak masih kelas 10. 
                Jam 8 tepat OSP pun dimulai dengan dibagikan soal sesi 1 yang berupa psikotes. Entah kenapa maddog merasuki saya yang akibatnnya terlalu berani mengerjakan 29 dari 30 soal, padahal ada sistem -1nya. Memasuki sesi kedua OSP yang sebenarnya, setelah skimming semua soal saya langsung mengerjakan beberapa soal yang udah langsung kepikiran langsung, dilanjutkan dengan soal yang kesulitannya bertambah sedikit. Strategi saya adalah berusaha telah membaca dan mencoba mengerjakan semua soal dalam setengah dari waktu yang diberikan (1/2 * 160 menit=90 menit). Strategi itupun tidak berjalan dikarenakan saya sepertinya masih kalah sedikit level dengan soalnya. Statistik saya untuk OSP ini adalah sebagai berikut : 21 soal isian singkat + 3 soal nulis program bisa dijawab dengan yakin(easy), 11 soal medium tapi masih bisa dijawab, 9 soal kosong, 4 soal nguli yang ternyata setelah diperiksa ulang salah.
                Dengan hasil seperti ini saya pun tidak terlalu berharap banyak dan sepertinya saya harus sudah mulai memperjuangkan 100% kuliah dengan jalur SBMPTN. (ket. Saya milih jalur undangan karena tidak yakin nilai rapot saya termasuk 75% terbaik di sekolah :v ).
                Untuk refresing pikiran, kami sejenak berjalan-jalan (kaki) sebentar di kota Lembang. Kami mengunjungi Pabrik Tahu Isi yang recommended banget kayaknya buat wisata edukasi. Setelah melihat-lihat sekitar 30 menit. Berita rombongan OSP smansa hari ketiga(Ekonomi, Geografi dan Kebumian) tiba pun sampai. Yang artinya saya dan rombongan hari kedua harus balik ke Depok. Skip perjalanan……5 jam kemudian sampai di Depok jam 9 malam lebih, dan setelah tiba di rumah kesayangan saya langsung tertidur lelah.




                TAMAT(?)
                Sebuah musibah              :
                Setelah saya sadari, ada kesalahan supeeeerr konyooool bangeet siaalllll anjeeeg cacaad.
Di soal essay nulis program ada soal yang singkatnya gini :

Dikasih grid  NxM, hitung ada berapa jumlah persegi di grid itu. Idenya sih waktu OSPnya gini tinggal hitung while (sqr(i)<=N*M) sum+=(N*M)/sqr(i). Yang saya sadari setelah sampai dirumah seharusnya while (i<=N && i<=M) -_- :v siaalan. Sudahlah, mungkin ini bukan rejeki. 

4 comments:

Anonymous said...

Selow Fer, bisa lah osn, aamiin. Kasian smansa kalo enggak ada. Kasian oji juga kwkwkwkw
BTW ngakak yang di fakta unik di bagian 1

Glenda Emanuella Sutanto said...

Kak btw aku Glenda dari SMA Santa Maria Cirebon bukan dari SMA Santa Ursula Cirebon :)

Ifkarsyah said...

Eehhh...maaf, kemaren aku ingetnya itu

- said...

cie